Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Dan Waktu Keutamaannya

Advertisement
Advertisement
Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Dan Waktu Keutamaannya - Adalah artikel yang akan membahas tentang Doa setelah mengerjakan sholat dhuha yang shahih juga dilengkapi dengan tulisan arab dan latin berikut arti terjemahannya. Shalat dhuha sendiri merupakan sholat sunat yang dikerjakannya pada pagi hari setelah terbitnya matahari sampai akan menjelangnya waktu dzuhur tiba, namun jika ingin mendapatkan waktu keafdolannya yaitu melaksanakan sholatnya harus sekitar pukul sembilanan dan harus dikerjakan setiap hari.
Do'a Sholat Dhuha dan Arti Terjemahannya Lengkap
Bacaan Sholat dhuha ini meski hukumnya sunat seperti sholat tahajud namun dianjurkan untuk melaksanakannya setiap hari tanpa terlewatkan satu hari pun, karena ada hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah R.A menjelaskan tentang hal demikian yang bunyinya seperti berikut :

Hadist sholat dhuha harus dikerjakan setiap hari

أَوْصَانِي خَلِيلِي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِثَلَاثٍ صِيَامِ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَرَكْعَتَيْ الضُّحَى وَأَنْ أُوتِرَ قَبْلَ أَنْ أَنَامَ

Artinya : “Kekasihku shallalahu ‘alaihi wa sallam telah berwasiat kepadaku dengan tiga hal: berpuasa tiga hari setiap bulan, dua rakaat shalat dhuha, dan witir sebelum tidur.” (Muttafaqun ‘alaihi).

Doa Setelah Shalat Dhuha

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقَى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

LATIN : ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBADIKASH SHALIHIN.

Terjemahan : “Ya Alloh, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Alloh, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

Namun jika ada yang belum bisa membaca tulisan arab anda juga bisa mendownload doa shalat dhuha dengan file Mp3 dari situs yang menyediakan download lagu.

Lihat juga : Niat Sholat Dhuha

Demikianlah artikel yang menjelaskan tentang Doa Sholat Dhuha yang mudah-mudahan bisa dimengerti dan diamalkan. Semoga dengan adanya pembahasan diatas bisa menambah wawasan dan memberikan banyak manfaat, mohon maaf jika ada kesalahan dari segi hal apa pun karena saya juga manusia yang tidak pernah luput dari kesalahan.
Advertisement