Antosan Sakedap...

Bacaan Do'a Setelah Sholat Tahajud Arab Latin Dan Artinya

Advertisement
Advertisement
Doa Setelah Sholat Tahajud - Dalam artikel sederhana ini saya akan membahas pengertian doa sholat tahajud yang lengkap dengan tulisan arab dan latin berikut arti terjemahannya. Tahajud menurut bahasa yaitu meninggalkan tidur, Sedangkan menurut istilahnya adalah sholat sunat yang dilaksanakannya setelah terbangun dari tidur pada malam hari, karena kalau dilaksanakannya sebelum tidur itu namanya bukan sholat tahajud melainkan hanya sholat mutlak saja.

Dan untuk waktu pelaksanaannya bisa dilakukan kapan saja asal pada waktu malam, Namun ada pula waktu yang paling tepat untuk mengerjakan sholat sunat tahajud yaitu pada dua pertiganya malam hari, karena disitulah waktunya mustajabah dalam arti waktu dimana do'a kita di ijabah oleh alloh swt. Keterangan dalam hadist rosul yang menjelaskan bahwa pada dua pertiganya malam hari atau sekitar pukul satu sampai pukul tiga atau sekitar setengah empat alloh swt turun ke langit lapisan pertama untuk memberikan penawaran terhadap hambanya yang meminta kepada alloh swt.

Dalam sholat sunat tahajud ini banyak sekali keutamaan dan juga keajaiban yang akan alloh berikan terhadap hambanya yang senantiasa rajin mengerjakan sholat sunat tahajud (Qiyamul lail), diantaranya yaitu :
  • Sholat tahajud merupakan sebuah tiket untuk masuk kedalam surganya alloh swt
  • Amal yang akan menolong seseorang nanti di alam akhirat
  • Penyembuh penyakit hati
  • Akan diangkat derajatnya oleh alloh swt
  • Tergolongkan kepada umat nabi yang mulia
  • Akan dikabulkan permintaanya
  • Dan masih banyak lagi keistimewaan lainnya

Tata Cara Sholat Tahajud Yang Benar dan Bacaannya

Do'a Sholat Tahajud

اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، وَلَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ

Latin : "Allahumma lakalhamdu annta nuurussamaawaati wal'ardhi wa manfiihinna wa lakalhamdu annta, wa lakalhamdu annta qayyimussamaawaati wal'ardhi wa manfiihinna, wa lakalhamdu annta rabbussamaawaati wal'ardhi wa manfiihinna, wa lakalhamdu annta mulkussamaawaati wal'ardhi wa manfiihinna, wa lakalhamdu anntalhaqq wa wa'dukalhaqq, wa liqaa'uka,haqq, wa qauluka haqq, waljannatu haqq, wannaaru haqq, wannabiyuuna haqq, wa muhammadun shallallaahu alaihi wa sallam haqq, wassaa'atu haqq, allaahumma laka aslantu wa'alaika tawakkaltu wa bika aamanntu wa alaika anabtu wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faqhfirlii maa qaddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a'lantu, anntalmuqaddimu wa anntalmu'akhkhiru laa ilaaha illaa annta antailaahii laa ilaaha illaa annta".

Terjemahan : "Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya. Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, Surga adalah benar (ada), Neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari- Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum. Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembah
kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau".

Ayat Al-qur'an yang menjelaskan sholat sunat tahajud
 
Al Isra' ayat 79 yang artinya :"Dan pada sebagian malam hari bersalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ketempat yang terpuji" (Q.S. 17:79 ) 
Referensi dari alqur'an dan hadist
Hadist rosul 
 Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah yakni muharram dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam (tahajjud)”. (HR Muslim dari Abu Hurairah)
Catatan : Sholat tahajud hukumnya sunat mu'akad, Pangkatnya dibawah sholat fardu. Maka dari itu sholat tahajud derajatnya paling tinggi dibandingkan dengan sholat sholat sunat lainnya.

Dari artikel yang saya tulis mudah-mudahan bisa memberikan banyak manfaat bagi semuanya, Saya ucapkan banyak terimakasih atas kunjungan anda dan mohon maaf sebesar-besarnya jika ada kesalahan dalam penjelasan diatas yang berjudul Doa Sholat Tahajud tersebut.
Tag Artikel : doa sholat tahajud dan artinya | doa sholat tahajud latin | doa sholat tahajud sesuai sunnah | doa sholat tahajud arab latin | doa sholat tahajud beserta artinya | doa sholat tahajud bahasa arab | niat sholat tahajud | doa sholat tahajud yang benar
Advertisement