Doa Niat Mandi Wajib Setelah Haid / Menstruasi Dan Artinya

Advertisement
Advertisement
Doa Niat Mandi Wajib Setelah Haid Dan Artinya - Salah satu mandi yang hukumnya wajib dan yang khusus untuk perempuan ialah melaksanakan mandi besar apabila sudah selesai masa haid atau menstruasi, Mandi wajib adalah membasahi seluruh tubuh dimulai dari ujung rambut hingga ujung kaki bahkan seluruh lubang-lubang yang ada pada tubuh kita dengan air yang guna untuk membersihkan hadas besar.

Masa haid biasanya paling banyak dialami oleh wanita sekitar 7 hari, dan ada juga yang mengalaminya hanya satu hari satu malam bahkan ada juga yang masa haid atau menstruasinya hingga 15 hari seperti yang dikutif oleh para ulama fikih dalam kitab-kitabnya dan salah satunya yaitu yang tercantum dalam kitab safinah.

Dengan demikian wanita yang masa haidnya sudah habis, maka diwajibkan untuk melaksanakan mandi wajib setelah haid guna untuk membersihkan diri dari hadas besar. Karena darah haid tergolongkan kepada salah satu dari hadas besar, yang mana untuk mensucikannya harus dengan cara mandi wajib.

Doa Niat Mandi Wajib Setelah Haid / Menstruasi Dan Artinya

Adapun penerangan yang menjelaskan tentang haid atau datang bulan yaitu seperti yang tercantum dalam QS Al-Baqarah : 222 yang artinya “Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah, ‘Haid itu adalah kotoran.’ Oleh karena itu, hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haid; dan janganlah kamu mendekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya, Allah menyukai orang-orang yang bertobat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.”

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla Lirof'i hadatsil haedi lillaahi ta'aala
Artinya : Saya niat mandi untuk menghilangkan hadats haid karena Allah Ta'ala

Itulah bacaan doa niat mandi haid yang dapat kami sajikan, untuk mengetahui bagaimana tata cara mandi wajib yang baik dan benar anda harus search atau lihat pada artikel kami terdahulu.
Advertisement