Peristiwa Penting Dan Doa Tolak Bala Amalan Bulan Safar

Advertisement
Advertisement
Peristiwa Penting Dan Doa Tolak Bala Amalan Bulan Safar - Bulan safar adalah bulan ke-2 dari tahun hijriyah setelah bulan muharram, Dan banyak orang yang menyangka bahwa bulan safar ini adalah bulan yang sangat menakutkan, namun para ulama berpendapat lain bahwa bulan safar dijuluki Shafarul Khair yang berarti Shafar yang penuh dengan kebaikan.

Tapi Kenapa sebagian ulama ada yang berpendapat shafarul khair? Karena para ulama berniat untuk memberikan sebuah ke optimisan untuk umat islam dan tidak menyangka bahwa bulan Shafar adalah bulan sial atau penuh dengan bala (bencana). Tapi kok kenapa orang-orang sangat takut ketika menghadapi bulan safar ini?

Untuk menghindari rasa ketakutan itu kita dapat melakukan amalan doa dibulan safar atau juga suka disebut dengan doa tolak bala. Berikut ini adalah sebuah keterangan yang menjelaskan seputar bulan safar, dan dari hadist-hadist ini setidaknya kita dapat paham dan menjadi sebuah pembelajaran bagi kita semua yang masih awam terhadap kajian islam.

Persitiwa Penting Dan Doa Tolak Bala Amalan Bulan Safar

Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah Saw bersabda, “Tidak ada penyakit menular (yang berlaku tanpa izin Allah), tidak ada buruk sangka pada sesuatu kejadian, tidak ada malang pada burung hantu, dan tidak ada bala (bencana) pada bulan Safar (seperti yang dipercayai).”

Rasulullah Saw juga bersabda: “Tidak ada wabah dan tidak ada keburukan binatang terbang dan tiada kesialan bulan Safar dan larilah (jauhkan diri) daripada penyakit kusta sebagaimana kamu melarikan diri dari seekor singa” (HR. Bukhari)

Banyak kontroversi mengenai bulan safar ini, bahkan diantara orang-orang ada yang mengatakan bahwa bulan safar ini adalah bulan penuh dengan kesialan, bulan yang sangat jelek untuk mengadakan sebuah hal-hal penting atau hajatan semisalnya melakukan akad pertikahan, khitanan atau hal lainnya.

Peristiwa Penting Bulan Safar - Dalam ajaran agama islam bahwa pada bulan safar ini terdapat beberapa peristiwa penting dalam penyebaran agama islam dari masa kanjeng rosul dari masa kejayaan dan keruntuhannya, dan berikut ini adalah 11 peristiwa penting yang mesti kita ketahui pada bulan safar ini.

  • Pernikahan Rasulullah saw dengan Khadijah binti Khuwailid
  • Peristiwa Perang Al-Abwa
  • Tragedi Ar Raji’
  • Tragedi Bi’ir Ma’unah
  • Kemengan Perang Khaibar
  • Peristiwa Pengepungan di Khats’am
  • Masuk Islamnya Bani Udzrah
  • Pengangkatan Usamah Bin Zaid
  • Penaklukan Persia
  • Jatuhnya kota Baghdad ke tangan Hulakhu Khan
  • Meninggalnya Pembebas Jerusalem Shalahuddin Al Ayyubi

Amalan Doa Bulan Safar


اَللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّاالْغَلَآءَ وَالْبَلَآءَ وَالْوَبَآءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَآئِدَ وَالْمِحَنَ مَاظَهَرَ مِنْهَا وَمَابَطَنَ مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بَلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً اِنَّكَ عَلَى كُلِّى شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Allohummadfa' 'annal gholaa-a walba laa,a walfahsya,a walmunkaro wassuyuufal muhtalifata wa saddaa ida walmihana maddhoharo minha wamaabaathona minbaladinaa khossotan wamin buldaanil muslimiina 'aamma tan innaka kulli syai,in qodiir.

Artinya : Ya Allah, hindarkanlah dari kami kekurangan pangan, cobaan hidup, penyakit-penyakit wabah, perbuatan-perbuatan keji, dan munkar, ancaman-ancaman yang beraneka ragam, paceklik-paceklik dan segala ujian, yang lahir maupun batin dari negeri kami ini pada khususnya, dan dari seluruh negeri kaum muslimin pada umumnya, karena sesungguhnya Engkau atas segala sesuatu adalah kuasa.

Setelah kita melewati bulan safar maka akan tiba bulan kelahiran nabi yaitu bulan rabi'ul awal, dan banyak sekali orang yang belum faham mengenai bulan tersebut, maka kami akan rangkumkan dalam khutbah maulid nabi yang sudah kami bagikan sebelumnya.
Advertisement