Lafadz Bacaan Menjawab (Jawaban) Adzan Sholat Yang Benar

Advertisement
Advertisement
Lafadz Bacaan Menjawab (Jawaban) Adzan Sholat Yang Benar - Kali ini kami akan sharing tentang bacaan jawaban apabila adzan sedang berkumandang dan kita disunnahkan untuk menjawab adzan, mengapa kami membahas demikian? Ya, karena mungkin tidak sedikit orang-orang yang sudah pada tahu terutama jawaban adzan ketika muadzin membaca hayya 'alassolaah dan dalam adzan sholat subuh ada bacaan Assolatu Khoirumminannaum.

Namun sebelumnya kami mohon maaf ya, bukan berarti kami menggurui atau mengajari sahabat semua, melainkan disini kami hanya mau sharing pengetahuan saja, karena apabila kita diberi pengetahuan oleh Alloh dan tidak diamalkan maka Alloh Swt akan melaknat kita, hal itu berdasarkan sebuah hadist yang berbunyi "Kitman 'Ilmu Mal'unun" dan saya tidak mau dilaknat karena tidak menyampaikan hal tersebut.

Menjawab adzan hukumnya sunnah atau tidak wajib, sebagaimana pendapat mayoritas para ulama, seperti pendapat Malikiyah, Syafi’iyyah dan Hanabilah. "Jika kalian mendengar orang yang sedang adzan, maka ucapkanlah seperti apa yang ia ucapkan." (Shohih Muslim). Dan apabila terdengar suara adzan secara bersamaan, maka yang sunat dijawab adalah salah satu dari adzan tersebut.

Jawaban AdzanLafadz Adzan
اَللهُ اَكْبَر، اَللهُ اَكْبَر اَللهُ اَكْبَر، اَللهُ اَكْبَر
أَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّاللهُ أَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّاللهُ
اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ
لاَحَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ
لاَحَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ
اَللهُ اَكْبَر، اَللهُ اَكْبَر اَللهُ اَكْبَر، اَللهُ اَكْبَر
لاَ إِلَهَ إِلاَّالله لاَ إِلَهَ إِلاَّالله
Catatan : Khusus untuk adzan sholat subuh, setelah membaca lafadz "Hayya 'Alal Falaah", mu'azin kemudian membaca lafadz dibawah ini (dan yang mendengar menjawab lafadz berikut ini) :
صَدَقْتَ وَبَرَرْتَ وَاَنَا عَلَى ذَلِكَ مِنَالشَّاهِدِيْنَ اَلصَّلاَةُ خَيْرٌ مِنَ النَّوْمِ

Lafadz Bacaan Menjawab (Jawaban) Adzan Yang Benar

Setelah selesai Adzan, kemudian dilanjutkan dengan membaca Doa Setelah Adzan. Dan apabila anda belum hafal maka bisa menghafalkan dahulu pada tulisan kami yang sudah di bagikan terdahulu sebelum postingan ini, Semoga artikelnya bermanfaat dan membantu juga bisa menambah sedikit wawasan pengetahuan kita terhadap ajaran agama islam.
Advertisement