Lafadz Bacaan Doa Setelah Adzan dan Sesudah Iqomah Lengkap

Advertisement
Advertisement
Lafadz Bacaan Doa Setelah Adzan dan Sesudah Iqomah Lengkap - Alhamdulillah kita bisa dipertemukan kembali dalam pembahasan tentang agama islam, yang Insya Alloh berkat ridho dan karunia-Nya kami bisa berbagi lagi untuk teman-teman semua yang masih belum hafal dengan Lafadz Bacaan Doa Setelah Adzan dan Sesudah Iqomah, Nah untuk sahabat yang tidak faham dengan tulisan arab, maka kami sudah lengkapi juga dengan tulisan bahasa latin serta terjemahaannya.

Pengertian Adzan Menurut bahasa adalah pemberitahuan tentang sesuatu. Sebagaimana Firman Allah SWT dalam Kitab Suci Al-Qur’an Surat At-Taubah Ayat 3 yang artinya "Dan (inilah) suatu seruan atau pemberitahuan dari Allah dan Rasul-Nya kepada umat manusia" – (QS. At-Taubah : 3). Dan firman Alloh dalam surat yang lain yakni surat Al-Anbiya Ayat 109 "Aku telah menyampaikan kepada kamu sekalian (ajaran) yang sama (antara kita)" – (QS. Al-Anbiya : 109).

Sedangkan adzan menurut syara atau syariat adalah pemberitahuan tentang waktu shalat dengan lafadz-lafadz khusus sebagaimana yang ditetapkan oleh syariat. Dari pengertian-pengertian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa adzan merupakan suatu pemberitahuan seorang mu’azin (orang yang adzan) kepada orang lain tentang masuknya waktu shalat. Dan kita selaku yang mendengarkan harus menjawab jawaban adzan yang sedang dikumandangkan oleh mu'adzin.

Lafadz Bacaan Doa Setelah Adzan dan Sesudah Iqomah Lengkap

Berbeda dengan adzan. Jika adzan merupakan pemberitahuan masuknya waktu shalat, maka iqomah merupakan pemberitahuan tentang pelaksanaan shalat. Dari segi bahasa iqomah berarti menegakkan sesuatu, sedangkan menurut syara atau syariat, Iqomah adalah pemberitahuan akan ditunaikannya shalat wajib dengan lafadz-lafadz khusus yang telah ditetapkan oleh syariat.

Nah dibawah ini adalah lafadz bacaan doa setelah adzan dan iqomah lengkap dengan arab latin dan artinya yang bisa anda hafalkan guna untuk dibacakan apabila adzan dan iqomah sudah selesai, Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat bagi kita semua, amiin.

Bacaan Doa Setelah Adzan dalam Bahasa Arab

اَللهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَآاَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

ALLOOHUMMA ROBBA HAADZIHID DA'WATIT TAAMMATI WASHSHOLAATIL QOO-IMATI AATI MUHAMMADANIL WASHIILATA WAL FADHIILATA WASY SYAROFA WAD DARAJATAL 'AALIYATAR ROFII'ATA WAB'ATSHU MAQOOMAM MAHMUUDAL LADZII WA'ADTAH INNAKA LAA TUKHLIFUL MII'AADA YA ARHAMAR ROOHIMIINA
Artinya : Ya Allah Tuhan yang memiliki seruan yang sempurna dan shalat yang tetap didirikan, kurniailah Nabi Muhammad wasilah (tempat yang luhur) dan kelebihan serta kemuliaan dan derajat yang tinggi dan tempatkanlah dia pada kependudukan yang terpuji yang telah Engkaujanjikan, sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji, wahai dzat yang paling Penyayang.

Bacaan Doa Sesudah/Setelah Iqomah dalam Bahasa Arab

اَقَامَهَااللهُ وَاَدَامَهَا مَادَامَتِ السَّمَوَاتُ وَاْلاَرْضُ

AQOOMAHALLOOHU WA-ADAAMAHAA MAADAAMATIS SAMAAWAATU WAL-ARDLU
Artinya : Semoga Allah menegakkan dan mengekalkan shalat selama masih ada langit dan bumi.
Advertisement