Doa Niat Puasa Arafah Dan Tarwiyah Idul Adha Pada Bulan Dzulhijjah

Advertisement
Advertisement
Doa Niat Puasa Arafah Dan Tarwiyah Idul Adha - Pada bulan dzulhijjah ada yang namanya shalat sunnah idul adha, yang mana pada di dalamnya menganduk ibadah haji, dan bagi kaum umat islam sangat di anjurkan untuk berpuasa di hari sebelum itu, kenapa berkata di anjurkan? Karena pangkat/hukum puasanya sunnah mu'akkad yaitu sunat yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan.

Salah satu bentuk rasa syukur kita terhadap Alloh selain kita berbaik terhadap sesama makhluk kita juga harus mengerjakan perintah-perintah yang hukumnya sunnah sebagai mana dalam puasa idul adha pada bulan dzulhijjah ini. Puasa sebelum idul adha suka juga disebut dengan puasa arafah dan tarwiyah.

Bulan dzulhijjah ini adalah salah satu bulan dalam kalender islam yang paling bersejarah bagi umat islam diseluruh dunia, karena bulan yang mencakup ibadah haji ini merupakan bulan yang mengandung banyak pahala yang sunnah untuk dikerjakan seperti menunaikan ibadah puasa sunnah arafah dan tarwiyah.

Niat Puasa Arafah Idul Adha

Keutamaan puasa arafah dan tarwiyah - Puasa arafah dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah saat berlangsungnya wukuf di arafah yang merupakan inti dari pada ibadah haji, dan bagi yang mengerjakan puasa di hari itu maka Allah Swt akan menghapuskan dosa dua tahun bagi yang mengerjakannya. Puasa tarwiyyah ini dikerjakannya pada tanggal 8 Dzulhijjah dan akan dihapuskan dosa selama setahun bagi yang mengerjakannya.

Dalam tata cara pelaksanaannya itu sama saja seperti kita mengerjakan puasa pada umumnya baik itu puasa wajib maupun sunnah, yaitu menahan diri dari segala yang dapat menyebabkan batalnya puasa seperti makan, minum dan perkara lainnya sehingga menimbulkan batalnya puasa. Berikut dibawah ini bacaan niat puasa idul adha yang sudah kami sajikan untuk anda.

Niat Puasa Sunah Tanggal 1 - 7 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِي الْحِجَّةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

LATIN : NAWAITU SHAUMA SYAHRI DHILHIJJATI SUNNATAN LILLAAHI TA'AALA
Artinya : Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta'ala

Niat Puasa Tarwiyah Tanggal 8 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ التَّرْوِيَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

LATIN : NAWAITU SHAUMAT TARWIYATA SUNNATAN LILLAAHI TA'AALA
Artinya : Saya niat puasa sunnah tarwiyah karena Allah Ta'ala

Niat Puasa Arafah Tanggal 9 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

LATIN : NAWAITU SHAUMA 'AROFATA SUNNATAN LILLAAHI TA'AALA
Artinya : Saya niat puasa sunnah arafah karena Allah Ta'ala

Itulah pembahasan singkat kami mengenai niat puasa idul adha yang dapat kami sajikan, mudahan-mudahan dari artikel sederhana kami ada manfaatnya. Dan jangan lupa untuk di share ya ;-)
Advertisement