Niat Tata Cara Sholat Sunnah Idul Fitri Dan Bacaan Doanya

Advertisement
Advertisement
Niat Tata Cara Sholat Idul Fitri - Seperti yang kita ketahui bahwa sholat idul fitri adalah shalat sunnah yang dikerjakannya setahun sekali sama halnya dengan sholat idul adha yang dikerjakaanya setahun sekali yaitu pada bulan dzjulhijjah, dan untuk bacaan niatnya sama seperti dalam sholat lainnya yaitu diucapkannya didalam hati namun hanya saja bacaannya yang berbeda.

Seperti biasa kami menulis bacaan niat dan doa akan ditulis kedalam bahasa arab juga latin dan diterjemahkan kedalam bahasa indonesia sebagai artinya, namun sebelum kami menuliskan bacaan niat shalat idul fitri alangkah baiknya jika kita kaji terlebih dahulu isi yang terkandung dalam hari raya idul fitri atau yang sering disebut dengan hari raya lebaran.

Dalam tata cara pelaksanaan shalat idul fitri ini hampir sama dengan sholat hari raya idul adha, dan bagi teman-teman yang belum faham betul dengan tata cara pelaksanaannya mari kita kaji dan pelajari bersama-sama dalam artikel sederhana ini yang mudah-mudahan semuanya bisa mendapatkan pahala yang disebabkan mengerjakan sholat sunnah idul fitri ditahun ini.

Niat Tata Cara Sholat Sunnah Idul Fitri Dan Bacaan Doanya

Berikut ini akan kami tuliskan tata cara shalat sunnah idul fitri yang baik dan benar :

1. Membaca Niat

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

LATIN : USHOLLI SUNNATA 'IIDHIL FITHRI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA
Artinya : Saya niat sholat sunnah idul fitri dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala

2. Pada rakaat pertama : Sesudah niat mula-mula membaca takbiratul ihram kemudian membaca doa iftitah, selanjutnya takbir 7 kali dan setiap habis takbir disunahkan membaca : Subhaanallahi wal-hamdu lillaah wa laa ilaaha illallah wallaahu akbar. Setelah takbir 7 kali dan membaca tasbih tersebut. Kemudian membaca surat Al-Fatihah dan disambung dengan membaca surat yang disukai, dan lebih utama membaca surat Qaf atau surat Al-A'la (Sabbihisma Rabbikal-a'laa).

3. Pada raka'at kedua, sesudah berdiri untuk raka'at kedua membaca takbir 5 kali, dan setiap takbir disunahkan membaca tasbih seperti pada raka'at pertama. Kemudian membaca surat Al-Fatihah dan diteruskan dengan bacaan surat yang kita kehendaki, tetapi lebih utama membaca surat Al-Ghayiah. Bacaan itu dengan suara yang nyaring. Imam menyaringkan yakni mengeraskan suaranya pada waktu membaca surat Al-FATIHAH dan surat- surat lainnya, sedangkan makmum tidak nyaring.

4. Shalat ini dikerjakan dua raka'at dan dilakukan sebagaimana shalat-shalat lainnya

5. Khutbah dilakukan sesudah shalat 'Id dua kali, yaitu pada khutbah pertama membaca takbir 9 kali dan pada khutbah kedua membaca takbir 7 kali dan pembacaannya harus berturut-turut.

6. Hendaknya dalam khutbah 'Idul Fitri berisi penerangan tentang zakat fitrah.

Ada juga hal-hal yang disunatkan sebelum melaksanakan sholat idul fitri yaitu sebagai berikut :
  • Pada hari raya disunnahkan mandi sebelum sholat idul fitri, dan berhias dengan memakai pakaian yang sebaik-baiknya dan menggunakan wangi-wangian yang dimilikinya.
  • Disunahkan makan sebelum pergi shalat pada hari 'Idul Fitri, tetapi pada hari Haji disunahkan tidak makan kecuali setelah shalat.
  • Pergi untuk mengerjakan shalat dan pulangnya dari shalat hendaknya mengambil jalan yang berlainan.
  • Takbiran
Advertisement