Bacaan Niat Puasa Sunnah Bulan Syawal 6 Hari Beserta Terjemahan

Advertisement
Advertisement
Bacaan Niat Puasa Sunnah Bulan Syawal 6 Hari Beserta Terjemahan - Setelah selesai membahas artikel sebelumnya insyaallah saya akan membahas bacaan niat puasa syawal 6 hari. Tidak terasa sebulan penuh yang sudah di lewati sekarang kita menempuh bulan yang baru yaitu bulan yang dimana di sunnahkan kepada kita untuk mengejakan puasa sunnah di sertai 6 hari itupun jika kita masih mampu berpuasa dan mau menambah atau menyempurnakan ganjaran, mungkin nama ini dikalangan orang muslim tidak asing lagi bahwa yang di maksud oleh kami adalah bulan syawal.

Alangkah baik dan afdhalnya jika kita bisa berpuasa sunnah di bulan syawal ini, dan hikmah ganjarannya bisa berlipat ganda sebagai mana hadis sakhih yang di riwayatkan oleh imam muslim, abu dawud, attirmidzi, annasa-i, dan ibnu madjah, nabi muhammad saw bersabda yang artinya "barang siapa yang berpuasa bulan ramadhan lalu di iringi dengan puasa 6 hari syawal maka dia di ibaratkan puasa sepanjang tahun (HR.imam muslim).

Dari sahabat Abu Ayyub Al Anshoriy, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

“Barang siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim)

Bacaan Niat Puasa Sunnah Bulan Syawal 6 Hari Beserta Terjemahan

Baiklah sekarang sudah jelas dalil dan haditsnya, mumpung kiata masih di beri kesempatan hidup jasmani dan rakhani mari kita sama-sama belajar untuk berpuasa di bulan syawal yang telah kita injak atau tempuh sekarang, itupun jika kita masih kuat untuk mengerjakannya namanya juga sunnah.

Pribahasa sunat kalau menurut hukum syariat atau menurut ilmu piqih adalah (apabila di kerjakan dapat pahala apabila di tinggalkan tidak dapat siksa),hampir lupa waktu pelaksanaanya yang baik adalah dari hari ke 2-6 hari bulan syawal,bisa juga di tengah-tengah atau di 6 hari sebelum tanggal akhir bulan asalkan masih termasuk bulan yang di syawal.

Niat Puasa 6 Haari Bulan Syawal 

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ ِستَةٍ ِمنْ شَوَالٍ سُنَةً ِللَه تَعَالَي

Nawaitu Shauma Ghodin 'Ansittatin Min Syawaalin Sunnatan Lillaahi Ta'aalaa

Artinya : Saya niat berpuasa sunnah enam haru bulan Syawal karena Allah

Mungkin itu saja yang dapat kami share kali ini mengenai hafalan bacaan niat puasa syawal di hari ke-dua hingga 6 hari, mudah-mudahan bermanfaat bagi sahabat semuanya. Masih banyak pula pekerjaan sunnah yang harus kita laksanakan terutama dalam sholat dan juga puasa, misalkan puasa senin kamis
Advertisement