Niat Puasa Arafah Dan Tarwiyah Sebelum Idul Adha Bulan Dzulhijjah

Advertisement
Advertisement
Niat Puasa Arafah Dan Tarwiyah Sebelum Idul Adha Bulan Dzulhijjah - Yang di maksud dengan puasa tarwiyah dan arafah adalah puasa sunnah yang alangkah baik atau bagusnya di lakukan oleh kaum muslimin-muslimat (laki-laki atau perempuan) anak-anak maupun orang dewasa karena supaya kita bisa merasakan apa yang telah di rasakan oleh jama'ah haji ,menurut kalender hijriyah atau kalendernya orang yang beragama islam waktu pelaksaan puasa arafah dan tarwiyah adalah pada tanggal 8-9 sebelum tanggal 10 dzulhijjah (sebelum hari raya idul adha).

Menurut ilmu yang telah kami dengar dari guru ngaji kami di madrasah dan di majelis ilmu yang pertama di kerjakan adalah puasa tarwiyah terlebih dahulu yakni tanggal hari ke 8 dzulhijjah yang mana hari tersebut semua jama'ah haji mau bersiap-siap untuk berwukup (sebelum wukup), beda dengan puasa arafah yang pengerjaannya pada hari ke 9 dzulhijjah pada tanggal tersebutlah semua para jama'ah haji sedang berwukup di padang arafah.

Adapun hikmah jika kaum muslimin dan muslimat khusus bagi kita yang mau mengerjakan puasa tarwiyah dan arafah ini hikmahnya adalah "akan di hapus dosa 12 bulan atau setahun ke belkang dan setahun kedepan,dan alangkah baiknya juga jika kita melakukannya dari tanggal 1-9 bukan hanya dari tanggal 8-9 dzulhijjah,tapi tidak kenapa-napa kalau tidak sanggup juga yang penting kita berpuasa kita tidak meninggalkan puasa tarwiyah arafah pada bulan dzulhijjah.

Niat Puasa Arafah Dan Tarwiyah Sebelum Idul Adha Bulan Dzulhijjah

Adapun hadis tentang puasa arafah yang di riwayatkan oleh imam muslim nabi muhammad saw bersabda yang artinya "dan puasa pada hari arafah aku mengharap dari allah menghapuskan (dosa) satu tahun yang telah lalu dan satu tahun yang akan datang dan puasa pada hari asyura (tanggal 10 muharom) aku mengharap dari allah swt menghapuskan (dosa) satu tahun yang telah berlalu (HR.muslim,3/168 abu dawud no 2425, ahmad 5/297,308,311, baihaqi 4/286).

Disini kami akan sharing mengenai puasa pada bulan dzulhijah tertuama bacaan niatnya yang dapat teman-teman hafalkan, dan selain berpuasa pada bulan tersebut sahabat juga dapat mengerjakan puasa sunnah lainnya di hari-hari tertentu seperti puasa syawal selama 6 hari. Berikut dibawah ini adalah bacaan niatnya.

Niat Puasa Sunah Tanggal 1 - 7 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِي الْحِجَّةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMA SYAHRI DHILHIJJATI SUNNATAN LILLAAHI TA'AALA
Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta'ala

Niat Puasa Tarwiyah Tanggal 8 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ التَّرْوِيَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMAT TARWIYATA SUNNATAN LILLAAHI TA'AALA
Saya niat puasa sunnah tarwiyah karena Allah Ta'ala

Niat Puasa Arafah Tanggal 9 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMA 'AROFATA SUNNATAN LILLAAHI TA'AALA
Saya niat puasa sunnah arafah karena Allah Ta'ala

Demikian ulasan pembahasan yang dapat kami rangkum mengenai Niat Puasa Arafah dan Tarwiyah idul Adha pada bulan dzulhijjah, semoga artikelnya berfaedah bagi semuanya.
Advertisement