Antosan Sakedap...

Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri Dan Keluarga Lengkap Artinya

Advertisement
Advertisement
Setelah kemarin kita memperinci bacaan niat zakat fitrah untuk anak dan istri kini saatnya kita belajar bersama mengenai niat zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga dalam arti membaca niatnya disekaliguskan sekeluarga tanpa terkecuali baik itu anaknya laki-laki maupun perempuan, dan bacaan niatnya dilengkapi dengan bahasa arab dan tulisan latin juga terjemahannya.

Apabila sahabat sudah melihat postingan kami yang sebelumnya pastinya teman-teman sudah tahu pengertian zakat fitrah, dan setelah kemarin mengulas pengertian kini saatnya menjelaskan hukum membayar zakat fitrah. Hukum membayar zakat fitrah atau zakat fitri adalah hukumnya wajib ain yang artinya wajib bagi umat muslim laki-laki, perempuan, tua atau muda.

Dan yang harus kita ketahui selanjutnya yaitu Syarat-Syarat Wajib Membayar Zakat Fitrah, yaitu Orang Islam sedangkan bagi orang yang bukan islam tidak diwajibkan. Membayar zakat fitrah dilaksanakan setelah terbenamnya matahari dari bulan ramadhan sampai akhir bulan ramadan. Memiliki harta yang berlebih dengan ketentuan kelebihan harta untuk dirinya sendiri dan untuk keluarganya. Sedangkan bagi yang kekurangan tidak diwajibkan untuk membayar zakat fitrah.

Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri Dan Keluarga Lengkap Artinya

Selain ada syarat zakat fitrah juga mengandung Rukun-Rukun Zakat Fitrah yang diantara rukun-rukunnya adalah :
  • Niat untuk menunaikan zakat fitrah dengan ikhlas semata-mata karena Allah SWT
  • Terdapat pemberi zakat fitrah atau musakki
  • Terdapat penerima zakat fitrah atau mustahik
  • Terdapat makanan pokok yang dizakatkan
  • Besar zakat fitrah yang dikeluarkan sesuai agama islam.

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنِّىْ وَعَنْ جَمِيْعِ مَا يَلْزَمُنِىْ نَفَقَاتُهُمْ شَرْعًا فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Latinnya : Nawaitu An Ukhrija Zakaatal Fithri 'Annii Wa'an Jamii'i Maa Yalzamunii Nafaqootuhum Syar'an Fardhol Lillaahi Ta'aalaa
Artinya : Saya niat mengeluarkan zakat atas diri saya dan atas sekalian yang saya diwajibkan memberi nafkah pada mereka secara syari’at, fardhu karena Allah Ta’aala.

Selain bacaan niat zakat fitrah, teman-teman juga dapat mempelajari niat zakat fitrah untuk mewakili orang lain. Terimakasih atas kunjungannya dan mohon maaf apabila ada kesalahan, dan harap memakluminya ya.
Advertisement