Niat Doa Mandi Wajib Wanita Nifas Setelah Melahirkan / Wiladah Dan Terjemahan

Advertisement
Advertisement
Niat Doa Mandi Wajib Wanita Nifas Setelah Melahirkan - Berikut ini adalah pembahasan yang selanjutnya yang akan kami share khususnya untuk wanita/ibu-ibu yang habis melahirkan yaitu mandi wajib nifas. Namun sebelum kami membahas lebih lanjut mengenai niat mandi nifas, disini kami akan membahas terlebih dahulu pengertian dari nifas itu sendiri.

Pengertian nifas itu pada umumnya terbagi kedalam dua bagian yaitu nifas menurut lughot dan nifas menurut istilah (syara'). Pengertian niafas menurut lughot (bahasa) yaitu melahirkan, sedangkan pengertian menurut istilah syara' nya nifas itu ialah darah yang keluar melalui farji perempuan setelah melahirkan atau belum melebihi 15 hari setelahnya, bila darah tidak langsung keluar.

Adapun darah yang keluar saat melahirkan atau bersamaan dengan bayi darah tersebut tidak disebut darah nifas. Dan berikut ini penjelasan lengkapnya.

1 . Bila darah tersebut bersambung dengan darah haid sebelumnya, maka disebut darah haid. Berikut kami berikan contohnya "Wanita hamil mengeluarkan darah selama 3 hari, kemudian melahirkan dan darah terus keluar sampai 20 hari setelah melahirkan. Maka darah yang keluar selama 3 hari dan saat melahirkan serta darah yang keluar bersama dengan anak disebut darah haid. Sedangkan darah yang keluar setelah melahirkan selama 20 hari disebut darah nifas".

2. Bila darah tersebut bersambung dengan darah sebelumnya namun tidak mencapai aqollul haid (24 jama) atau tidak bersambung dengan darah sebelumnya maka disebut darah istihadhah. Contohnya seperti : "Wanita hamil keluar darah selama 20 jam, setelah itu melahirkan dan darah terus keluar sampai 20 hari. Maka darah yang keluar selama 20 jam dan darah yang keluar saat melahirkan serta bersamaan dengan bayi disebut darah istihadhoh. Kemudian darah yang keluar selama 20 hari disebut darah nifas".

3. Sedangkan darah yang keluar setelah melahirkan dengan selang waktu 15 hari atau lebih, maka disebut darah haid, bilamana memenuhi syarat-syarat haid. Dan Contohnya seperti "Wanita melahirkan tanggal 1, kemudian tidak keluar darah sampai tanggal 17, lalu keluar darah selama 3 hari. Maka darah yang keluar selama 3 hari tersebut dihukumi darah haid. Dan waktu antara lahirnya bayi dengan keluarnya darah (16 hari) dihukumi suci".

Niat Doa Mandi Wajib Nifas Setelah Melahirkan / Wiladah Dan Terjemahan

Untuk bacaan doa niat mandi nifas, anda dapat simak dibawah ini lengkap dengan bahasa arab dan latin juga artinya. Berikut bacaan lengkapnya.

Niat Mandi Wajib Wiladah / Setelah Melahirkan ( Arab )

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْوِلاَدَةِ ِللهِ تَعَالَى

Tulisan Bahasa Latin : Nawaitul Ghusla Lirof'i Hadatshil Wiladati Lillaahi Ta'aalaa
Artinya : Saya niat mandi menghilangkan hadats wiladah karena Allah Ta'ala

Adapun untuk bacaan nita mandi wajib setelah nifas bisa dilihat dibawah ini.

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ النِّفَاسِ ِللهِ تَعَالَى

Latin : Nawaitul Gusla Lirof'i Hadatsin Nifasi Lillaahi Ta'aalaa
Artinya : Saya niat mandi untuk menghilangkan hadats nifas karena Allah Ta'ala.

Itulah ulasan Doa Niat Mandi Nifas yang dapat kami sajikan kali ini, Sahabat yang budiman juga dapat mempelajari Bacaan Amalan Doa Ibu Hamil dan juga Doa Melahirkan.
Advertisement