Bacaan Niat Doa Dan Tata Cara Urutan Wudhu yang Benar Lengkap

Advertisement
Advertisement
Bacaan Niat Doa Dan Tata Cara Wudhu yang Benar Lengkap - Adalah artikel yang akan membahas tentang wudhu dan isnya Alloh pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan dan menulis untuk tata cara melaksanakan wudhu yang benar dan bacaan do'a-do'a ketika membasuh anggota wudhu yang harus dibasuh dengan air yang pastinya akan dilengkapi dengan tulisan bahasa arab dan latin berikut arti terjemahan dari pada doa wudhu tersebut.
Tata Cara Bacaan Doa Membasuh Anggota Wudhu yang Benar Lengkap
Pengertian Wudhu - Yang dimaksud dengan wudhu adalah membasuh sebahagian anggota tubuh dengan air seperti wajah, kedua tangan kanan & kiri sampai dengan sikut dua-duanya juga seperti membasuh kedua kaki yang kanan & kiri hingga mata kaki kedua-duanya yang guna untuk menghilangkan hadas kecil apabila kita hendak menunaikan sholat seperti akan mengerjakan sholat wajib dan sholat sunat, thawaf dan menyentuh/membawa al-qur'an dan yang lainnya yang diwajibkan harus berwudhu terlebih dahulu.

Wudhu - Dalam berwudhu tidak semua air yang bisa dipakai untuk berwudhu, karena ada air yang tidak syah dipakai untuk berwudhu. Air yang tidak bisa dipake untuk wudhu yaitu sebagai berikut:
  • Air yang tidak bersih atau ada najis,
  • Air sari buah atau pohon seperti air kelapa baik yang muda atau yang tua,
  • Air yang telah berubah warna, rasa dan bau dan menjadi pekat karena sesuatu telah direndam didalamnya,
  • Air dengan jumlah sedikit yang kurang dari ukuran 2 kulah (kurang dari 1000 liter) yang terkena sesuatu yang tidak bersih seperti urin, darah atau minuman anggur atau ada seekor binatang mati didalamnya,
  • Air bekas wudu itu sendiri atau bisa disebut dengan air yang musta'mal.
  • Air yang tersisa setelah binatang haram meminumnya seperti anjing, babi atau binatang mangsa,
  • Air yang tersisa oleh seseorang yang telah mabuk karena khamr (minuman keras)

Adapun untuk jenis air yang boleh atau syah untuk dipakai bersunyi (wudhu) yaitu sebagai berikut:
  • Air hujan,
  • Air sumur,
  • Air terjun, laut atau sungai,
  • Air dari lelehan salju atau es batu,
  • Air dari tangki besar atau kolam.

Pengertian musta'mal - Air musta’mal dalam pengertian madzhab syafi'iyah adalah air sedikit yang telah digunakan untuk mengangkat hadats dalam fardhu taharah dari hadats. Air itu menjadi musta’mal apabila jumlahnya sedikit yang diciduk dengan niat untuk wudu atau mandi meski untuk mencuci telinga yang merupakan bagian dari sunnah wudu. Namun bila niatnya hanya untuk menciduknya yang tidak berkaitan dengan wudu, maka belum lagi dianggap musta’mal. Termasuk dalam air musta’mal adalah air mandi baik mandinya orang yang masuk Islam atau mandinya mayit atau mandinya orang yang sembuh dari gila, dan air itu baru dikatakan musta’mal kalau sudah lepas atau menetes dari tubuh. Air musta’mal dalam mazhab ini hukumnya tidak bisa digunakan untuk berwudu atau untuk mandi atau untuk mencuci najis. Karena statusnya suci tapi tidak mensucikan. yang sering disebut air musta'mal itu air yang suci namun tidak mensucikan.

Firman Allah Swt dalam surat Q.S. Al-Maidah ayat 6

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَى أَوْ عَلَى سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya : "Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan salat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur."

Dalam doa wudhu ada anggota yang wajib juga ada yang sunah di basuh ketika sedang berwudhu, dan berikut beberapa anggota tubuh yang mesti di basuh dalam wudhu yang lengkap dengan bacaan do'anya. Fardhu atau rukun wudhu ada enam :

1. Niat Wudhu (yang dibaca dalam hati)

2. Membasuh muka/wajah
Bacaan Do'anya dalam bahasa arab

اَللَّهُمَّ بَيِّضْ وَجْهِى يَوْمَ تَبْيَضُّ وُجُوْهٌ وَتَسْوَدُّ وُجُوْهٌ

Tulisan Latin : Allohumma bayyid wajhii yauma tabyadhu wujuuhu wataswaddu wujuuhu
Artinya: Ya Allah, putihkanlah wajahku pada hari dimana putihnya wajah-wajah dan hitamnya wajah-wajah

3. Membasuh kedua tangan hingga melebihi sikut kedua-duanya
Do'a membasuh tangan kanan dalam bahasa arab

اَللَّهُمَّ اَعْطِنِى كِتاَبِى بِيَمِيْنِى وَحَاسِبْنِى حِسَاباً يَسِيْرًا

Tulisan Latin : Allohumma A'thini kitabi biyamini wa hasibni hisaban yasiro
Artinya: Ya Allah! berikanlah kepadaku kitabku dari sebelah kanan dan hitunglah amalanku dengan perhitungan yang mudah

Do'a membasuh tangan kanan dalam bahasa arab

اَللَّهُمَّ لاَ تُعْطِنِى كِتاَبِى بِشِمَالِى وَ لاَ مِنْ وَرَاءِ ظَهْرِىْ

Tulisan Latin : Allohumma Laa Ta'thini Kitabi bisyimali walaa min waro,i dzohri
Artinya: Ya Allah, janganlah beri kepadaku kitab amalanku dari sebelah kiri atau 

4. Membasuh sedikit pada rambut
Bacaan Do'anya dalam bahasa arab

اَللَّهُمَّ حَرِّمْ شَعْرِيْ وَبَشَرِيْ عَلَى النَّارِ

Tulisan Latin : Allohumma harrim sya'ri wabasyari 'Alannari.
Artinya: Ya Allah, haramkan rambutku dan kulit kepalaku daripada neraka.

5. Membasuh kedua kaki hingga melebihi mata kaki kedua-duanya
Do'a membasuh kaki kanan dalam bahasa arab

  اَللَّهُمَّ ثَبِّتْ قدَمَيَّ عَلَى الصِّرَاطِ يَوْمَ تُثَبِّتُ فِيْهِ اَقْدَامَ عِبَادِكَ الصَالِحِينَ

Tulisan Latin : Allohumma Tsabbit Qodamayya 'Alaas Syirothi yauma tutsabbitu fiihi Aqdama 'ibaadikas shoolihiin
Artinya: Ya Allah, tetapkan kedua kakiku di atas titian shirothol mustaqim pada hari dimana kau tetapkan kaki-kaki orang shaleh.

Do'a membasuh kaki kiri dalam bahasa arab

اَللَّهُمَّ لَاتَزِلُّ قدَمَيَّ عَلَى الصِّرَاطِ فِي النَّارِ يَوْمَ تَزِلُّ فِيْهِ اَقْدَامُ المُنَافِقِيْنَ وَالمُشْرِكِينَ

Tulisan Latin : Allohumma laa tazillu Qodamayya 'Alaa Syirothi fin naar yauma tazillu fiihi Aqdamul munaafiqiina wal musyrikiina
Artinya: Ya Allah, jangan gelincirkan kedua kakiku di atas titian shirothol mustaqim kedalam neraka pada hari dimana engkau gelincirkan kaki-kaki orang-orang munafik dan musyrik.

6. Tertib - Penjelasan tertib yaitu harus mengutamakan yang mestinya pertama dan mengakhirkan yang seharusnya terakhir.

Setelah selesai mengerjakan wudhu sesuai urutannya kemudian disunatkan pula untuk membaca doa sesudah wudhu 

Mungkin hanya itu saya yang dapat saya sampaikan untuk pembahasan yang berjudul Tata Cara Bacaan Doa Membasuh Anggota Wudhu yang Benar Lengkap. Mudah-mudahan bisa membantu dan bermanfaat, mohon maaf dengan segala kekurangan dari blog kami. Terimakasih atas pengertiannya. Dan jangan lupa di share ya!!! ;-)
Advertisement