Antosan Sakedap...

Anggota Wudhu yang Hukumnya Sunat Dibasuh Berikut Do'anya

Advertisement
Advertisement
Anggota Wudhu yang Hukumnya Sunat Dibasuh Berikut Do'anya - Adalah artikel yang akan membahas tentang wudhu dan isnya Alloh pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan dan merangkum apa saja anggota tubuh yang hukumnya sunat untuk dibasuh ketika sedang wudhu yang akan ditulis lengkap dengan do'anya, pastinya akan dilengkapi dengan tulisan bahasa arab dan latin berikut arti terjemahan dari pada doa wudhu tersebut.

Pengertian Wudhu - Yang dimaksud dengan wudhu adalah membasuh sebahagian anggota tubuh dengan air seperti wajah, kedua tangan kanan & kiri sampai dengan sikut dua-duanya juga seperti membasuh kedua kaki yang kanan & kiri hingga mata kaki kedua-duanya yang guna untuk menghilangkan hadas kecil apabila kita hendak menunaikan sholat apakah itu shalat wajib ataupun sunat, thawaf dan menyentuh/membawa al-qur'an dan yang lainnya yang diwajibkan harus berwudhu terlebih dahulu.

Wudhu - Dalam berwudhu tidak semua air yang bisa dipakai untuk berwudhu, karena ada air yang tidak syah dipakai untuk berwudhu. Air yang tidak bisa dipake untuk wudhu yaitu sebagai berikut:
  • Air yang tidak bersih atau ada najis,
  • Air sari buah atau pohon seperti air kelapa baik yang muda atau yang tua,
  • Air yang telah berubah warna, rasa dan bau dan menjadi pekat karena sesuatu telah direndam didalamnya,
  • Air dengan jumlah sedikit yang kurang dari ukuran 2 kulah (kurang dari 1000 liter) yang terkena sesuatu yang tidak bersih seperti urin, darah atau minuman anggur atau ada seekor binatang mati didalamnya,
  • Air bekas wudu itu sendiri atau bisa disebut dengan air yang musta'mal.
  • Air yang tersisa setelah binatang haram meminumnya seperti anjing, babi atau binatang mangsa,
  • Air yang tersisa oleh seseorang yang telah mabuk karena khamr (minuman keras)

Adapun untuk jenis air yang boleh atau syah untuk dipakai bersunyi (wudhu) yaitu sebagai berikut:
  • Air hujan,
  • Air sumur,
  • Air terjun, laut atau sungai,
  • Air dari lelehan salju atau es batu,
  • Air dari tangki besar atau kolam.

Pengertian musta'mal - Air musta’mal dalam pengertian madzhab syafi'iyah adalah air sedikit yang telah digunakan untuk mengangkat hadats dalam fardhu taharah dari hadats. Air itu menjadi musta’mal apabila jumlahnya sedikit yang diciduk dengan niat untuk wudu atau mandi meski untuk mencuci telinga yang merupakan bagian dari sunnah wudhu. Namun bila niatnya hanya untuk menciduknya yang tidak berkaitan dengan wudu, maka belum lagi dianggap musta’mal. Termasuk dalam air musta’mal adalah air mandi baik mandinya orang yang masuk Islam atau mandinya mayit atau mandinya orang yang sembuh dari gila, dan air itu baru dikatakan musta’mal kalau sudah lepas atau menetes dari tubuh. Air musta’mal dalam mazhab ini hukumnya tidak bisa digunakan untuk berwudu atau untuk mandi atau untuk mencuci najis. Karena statusnya suci tapi tidak mensucikan. yang sering disebut air musta'mal itu air yang suci namun tidak mensucikan.

Firman Allah Swt dalam surat Q.S. Al-Maidah ayat 6

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَى أَوْ عَلَى سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya : "Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan salat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur."

Apa saja anggota tubuh yang sunat dibasuh ketika sedang wudhu??? Lebih tepatnya anda bisa lihat dibawah ini dengan seksama

1. Membasuh kedua tangan hingga pergelangan

اللَّهُمَّ احْفَظْ يَدَيَّ مِنْ مَعَاصِيكَ كُلِهَا

Tulisan Latin : Allohummahfidz Yadayya Min Ma'asyika Kulliha
Artinya: Ya Allah, peliharalah kedua tanganku daripada melakukan maksiat

2. Berkumur - dan baca do'anya

اللَّهُمَّ اَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Tulisan Latin : Allohumma a'inni 'Ala Dzikrika wa Syukrika wahusni 'Ibadatika
Artinya: Ya Allah, bantulah aku supaya aku dapat berzikir kepadaMu, dan bersyukur kepadaMu, dan memperelok ibadah kepadaMu.

3. Membasuh lubang hidung - baca doa'nya

اَللَّهُمَّ أَرِحْنِي رَائِحَة الجَـنَّة وَاَنْتَ عَنِّي رَاضٍ

Tulisan Latin : Allohumma Arihni Roihatal Jannati wa anta annii rodliin
Artinya: Ya Allah, berilah aku penciuman menghirup wangi surga, dan Engaku meridloiku

4. Membasuh kedua telinga - baca do'anya

اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ الَّذِيْنَ يَسْتَمِعُوْنَ اْلقَوْلَ فَيَتَّبِعُوْنَ أَحْسَنَهُ

Tulisan Latin : Allohummaj'Alni minalladzina yastami'unal Qoula fayattabi'una ahsanahu
Artinya: Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang mendengar ucapan yang baik dan mengikuti sesuatu yang terbaik.

Anggota Wudhu yang Hukumnya Sunat Dibasuh Berikut Do'anya

Mungkin hanya itu saya yang dapat saya sampaikan untuk pembahasan yang berjudul Anggota Wudhu Yang Hukumnya Sunnah. Mudah-mudahan bisa membantu dan bermanfaat, mohon maaf dengan segala kekurangan dari blog kami. Terimakasih atas pengertiannya.
Advertisement